Rabu, 08 Agustus 2012

CARA CEPAT MERAIH KESUKSESAN


Dikesempatan lalu kita telah membahas tentang kisah – kisah orang sukses beserta modal dasar terpenting menuju kesuksesan yaitu apa yang telah Allah anugerahkan kepada diri kita seperti mata, tangan, kaki, tenanga, fikiran dll
kemudian mengoptimalkannya didukung dengan sifat terpujui seperti pantang menyerah/ tdk putus asa, semangat besar, tekun, inovasi dsb insya Allah mengarahkan kita menuju gerbang kesuksesan.

Dalam Kesempatan kali ini kita coba membahas cara menggapai kesuksesan itu dengan lebih cepat.
Katanya cara mudah untuk sukses itu dengan  mengikuti persis apa yang orang2 yang telah sukses itu lakukan lalu menjadikannya sebagai kebiasaan kita.
Orang Tionghoa Terkenal sebagai pebisnis ulung maka dari itu kali ini kita coba melihat beberapa karakter / cara mereka menjalankan bisnisnya.


1. Pandai memanfaatkan peluang yang ada.

        Tahun lalu tepatnya di bulan ramadhan jg penulis mendapat cerita dari seseorang yang kebetulan sedang mengantarkan tetangganya utk berbelanja di pasar .
Disitu tampak Salah Satu kios di Pasar Grosir Jatinegara terlihat menjual berbagai busana muslim kiosnya terlihat ramai sekali , namun yang bikin heran kok penjualnya itu orang thionghoa.
bukan seorang muslim namun menjual pakaian muslim.
Namun Setelah mendengan penjelasan dari pedagang tsb bahwa setelah lebaran ia tidak menjual lagi baju baju muslim, sepertinya saya faham bahwa apa yang ia lakukan pure bisnis.
Pelajaran yang di dapat yaitu dia jeli melihat peluang usaha dari segi waktu / musim. Yaitu jika waktunya mendekati lebaran maka peluang usaha yang bagus dipakaian yaitu busana muslim, sehingga ia banting stir dahulu dari jualan pakaian biasa ke busana muslim. Tapi setelah lewat lebaran, maka mereka kembali lagi menjual pakaian biasa.
Ctt ( disini titik beratnya yaitu pada kemampuan mereka melihat dari segi waktu ttg peluang usaha, karena kita sbg muslim tentu ada aturan aturan, misalnya kita gak perlu contoh klo waktunya perayaan Imlek maka kita ikut menjual dupa, karena hal itu dilarang)
      jika menjelang bulan ramadhan maka terbuka lebar peluang usaha seperti jualan timun suri, es buah dll. Tak heran jika kita melihat banyak anak- anak muda dadakan jualan ( bisnis musiman ) walaupun mereka tak memiliki modal namun mereka mempunyai tekad kuat & pekerja keras, untuk modal mereka cari orang yang mau bisa diajak bekerja sama ( istilahnya cari bos buat modal ). Begitu jg Nabi Muhammad melihat peluang bisnis sebagai sarana yang menarik untuk mandiri tak tergantung dengan Pamannya. Saat itu kondisi Mekkah yang paling berkembang adalah bisnis perdagangan. Tanahnya yang kering sangat sulit untuk bercocok tanam. Kejelian melihat peluang keuntungan terbesar pada sektor perdagangan kemudian membuatnya menekuni bisnis perdagangan ini.
     Begitupun jika kita ingin menjadi muslim sukses dimata Allah, maka kita harusnya bisa jeli melihat peluang usaha yang besar untuk meraih sebanyak-banyaknya pahala.di bulan Ramadhan ini. Kenapa ? karena Amal ibadah sunnah pada bulan Ramadhan nilainya (pahalanya) sama seperti amalan fardhu pada bulan-bulan yang lain, dan amal ibadah fardhu yang dikerjakan pada bulan Ramadhan nilainya (pahalanya) sama seperti melakukan tujuh puluh amalan fardhu pada bulan-bulan selain Ramadhan. 
Kemuliaan dan keistimewaan yang lain pada bulan Ramadhan adalah Lailatul Qadar. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS Al-Qadr [97] : 1-5)
Note : Seribu bulan sama dengan 83 tahun 4bulan.

Sehingga peluang ini besar ini jgn lah kita sia siakan terlebih di sepuluh hari terakhir ini.

2.Perencanaan yang baik &  Prinsip kerja keras
    Dalam menjelang Ramadhan ini maka permintaan (deman) pakaian jadi meningkat, sedangkan produksi ( output menurun ) karena banyak karyawan yang berpuasa.
enyusun perencanaan yang matang dengan memilah proses produksi tertentu yang tidak cepat melelahkan ditugaskan pada karyawan yang berpuasa. Sedangkan karyawan yang tdk berpuasa diminta untuk lembur dan diberi imbalan yang lebih banyak. Sedangkan Prinsip kerja keras adalah bagaiman memotivasi diri sendiri dan karyawan saya untuk tidak cepat putus asa, misalnya pepatah yang terkenal dari mereka : “ ayo kita bisa memindahkan gunung !
     Sebagaimana kita ketahui bahwa Nabi kita Muhammad juga seorang pebisnis sewaktu itu Nabi Muhammad tumbuh sbg anak muda yang lembut hati, berazzam kuat dan memiliki harga diri yang tinggi, beliau sama sekali tidak suka berlama-lama menjadi tanggungan sang paman. Ketika menginjak semakin dewasa dan menyadari bahwa pamannya memiliki beban berat keluarga besar yang harus diberi nafkah, beliau mulai berdagang sendiri di Makkah.beliau bekerja keras, sungguh-sungguh dan cermat menggeluti profesi bisnis ini yang tentunya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi juga membangun reputasi dimata para pemodal, relasi dan pelanggan.
     Contoh Nyata didepan mata, yaitu Para pedagang timun suri pun saking ramenya sampai sampai mereka bikin sistem shift, bergiliir satu sama lainnya. Ini contoh bekerja keras. Dan diakhir ramadhan mereka biasanya memetik hasilnya yang luar biasa.
     Begitupun jika kita ingin menjadi muslim yang sukses dimata Allah, maka kitapun harus punya perencanaan yang baik, misalnya jauh jauh hari kita datangkan perasaan gembira menyambut bulan ramadhan, kemudian pembagian waktu dan targetnya Selanjutnya kita berupaya bekerja keras untuk melaksanakan semua apa yang telah direncanakan dan berupaya utk mengejar target tsb.
3. Tekun . Kontinyu dalam berusaha
      Orang tionghoa lebih suka memulai usaha secara tekun tapi kontinyu, maka orang tionghoa tidak suka dengan model bisnis musiman seperti itu
Pernah temen bercerita banyak orang – orang kampong sengaja merantau ke Jakarta di bulan ramadhan utk jualan es buah, wah katanya untungnya menggiurkan. Namun setelah ramadhan mereka pulang kampong dan hasilnya labanya dia beli motor baru, dan mereka kembali seperti awalnya tidak bekerja lagi.
     Begitupun Kita seorang muslim tidak hanya cerdas mengambil peluang besar dengan getol beribadah , melakukan segala amal baik di bulan Ramadhan, namun setelah lewat Idul Fitri amal ibadah kita kendor. Jangan Sampai di bulan ramadhan kita target khatam 1x atau lebih. Setelah lewat Ramadhan AlQur-an hanya jadi hiasan di meja rumah kita.
     Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ‘Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. [15]
An Nawawi rahimahullah mengatakan, “Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun konsekuen dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakuka
Wallahualam.
Sumber  : mencaripeluangusaha.blogspot.com

Rabu, 25 Juli 2012

MERAIH KESUKSESAN BERBISNIS ( BERNIAGA ) DENGAN NYA



         Saya yakin anda semua tahun siapa Thomas Alva Edison ?....
Ya, Anda Benar ! Dia adalah penemu lampu Pijar pertama. Dan Tahukah Anda, butuh berapa kali percobaan yang dia lakukan sampai benar benar sukses menciptakan lampu pijar tersebut ?
Dia melakukan percobaan sebanyak 9.998 kali, dan sebanyak itulah semua percobaan nya gagal!
Baru pada percobaan ke 9.999 dia sukses menciptakan lampu pijar yang benar benar terang. 
Kolonel Sanders, penemu Kentucky Fried Chicken (KFC) - ia baru berhasil meraih sukses setelah ditolak menawarkan resep ayam gorengnya sebanyak 1009 kali.

        coba kita tanya pada diri kita sendiri, kira kira kita mampu bertahan berapa kali kah jika usaha yang kita lakukan ternyata gagal ? Wah Paling Paling 1-2x gagal udah nyerah…
Bayangkan jika waktu itu Thomas Alva Edison bermental menyerah seperti kita ini, mungkin sampai sekarang kita hanya menikmati Lilin di tengah gelapnya malam..xixixix
Artinya apa ? Thomas A Edison dan colonel Sanders memiliki semangat besar, tidak loyo / pantang menyerah sehingga akhirnya kesuksesanpun bisa diraihnya. Selain itu, Mungkin kita pernah membaca / mendengar kisah-kisah orang-orang sukses berawal dengan modal nol / zero modal.Sekarang mari kita liat pada diri kita masing masing,  Allah anugerahkan kaki, tangan, kepala, otak, fikiran, tenaga dll itu semua sebenarnya adalah modal terpenting yang kita miliki. Kenapa?  Buktinya .. mau gak misalnya kalo satu mata kita ada yang minat dibeli 100 jt atau IQ kita diturunkan 20% saja, diganti 300 jt misalnya ? Tentu anda tidak mau bukan?
maka dengan sifat berfikir kreatif, tekun, tidak pesimistis dan tidak mudah berputus asa Plus dipadukan dengan segenap apa yang dianugerahkan Allah berupa mata, tangan, kaki, kepala, otak fikiran   secara maksimal mereka gunakan untuk mencapai kesuksesan.

        Jadi Kesimpulannya jika kita mau sukses maka kita pun harus memiliki sifat & karakter seperti mereka yaitu semangat besar, tidak loyo / pnatang menyerah Serta sifat berfikir kreatif, tekun, tidak pesimistis dan tidak mudah berputus asa.
Padahal yang mereka lakukan dalam kerangka bisnis dunia atau perniagaan dengan  manusia dengan imbalan hanya rupiah. Apalagi kita dalam kerangka bisnis atau perniagaan dengan Allah, dengan imbalah Surga.Harusnya kitapun bisa mempunyai semangat seperti mereka bahkan harusnya lebih.

Al-Quran: “Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.” (QS 61:10-11)
Lalu Apa yang dijual orang mukmin ?  semua yang ada yang melekat pada dirinya seperti mata, kaki, tangan, kepala, otak, fikiran, harta bendanya, jabatan& kedudukan atau berupa jiwa yang meliputi nyawanya, tenaganya, waktu dan kesempatannya, perasaannya dan lain-lain.
Misalnya kakinya digunakannya untuk berjalan menuju majelis ilmu, mata&mulutnya ia gunakan untuk membaca AlQuran, waktunya ia gunakan untuk hal hal yang baik, tangannya untuk menolong sesama, harta nya digunakan untuk membantu sesamanya dengan bersedekah, dsb.

Dan Allah sebagai pembeli tunggal akan memberikan dua keuntungan yang sangat besar bagi penjual tersebut, yaitu surga dan segala kenikmatannya sebagai pengganti harta yang diberikan Allah. “Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu dan itulah kemenangan yang besar”. (QS 9 : 111) Hanya orang beriman saja yang bersedia menjual harta dan jiwanya untuk berkorban dan berjuang di jalan Allah SWT.

Wallahualam .

Selasa, 03 Juli 2012

BINGUNG NIH MAU MEMULAI USAHA TAPI ..... ?

Hai sahabat - mencaripeluangusaha - apa kabar hari ini ?
Semoga Sehat selalu ya... amin.

Hemm.. .Sahabat sekarang mungkin sudah mulai tertarik untuk mencoba memulai usaha, namun bingung mau memulai nya dari mana, usaha apa yang cocok, peluang usaha apa yang menjanjikan bla...bla...bla...
Iya Kan ? : )

Ribuan pertanyaan telah menggelayuti dalam otak fikiran kita, yah tentu bikin pusing... sepertinya banyak bintang mengelilingi kepala kita. hehehe
Kalo masalahnya pada modal .. itu sih masalah klasik dan telah kita bahas ya pada artikel sebelumnya. dengan judul " gak jadi bisnis karena gak punya modal".

Masalahnya kita bingung nih memilih jenis usaha yang pas buat kita, takut salah memilih lalu akhirnya gagal. : (
Waduh .. jangan pesimis begitu donk, enterpreneurship harus selalu optimis namun tetap harus ada tolak ukurnya. : )
Mengenai berbagai jenis usaha jelas banyak, ratusan bahkan ribuan jenis usaha. Ya tinggal kita pilih saja, apa yang kira - kira cocok dengan kita. Masih bingung ? yayalah...orang yang ditanyain yang cocok buat kita yang mana, eh disuruh milih sendiri. hehehe

    Sabar brow....kalo tanya usaha apa yang pas buat brother, jelas saya gak bisa menjawabnya, justru memang mas brow sendiri yang bisa menjawabnya. Tambah bingung kan ? hehehe
Yang mungkin bisa saya paparkan adalah tolak ukur atau ciri - cirinya saja dan akhirnya tetaplah anda yang menentukan sendiri ya.

Lihat pada diri sendiri ..yang paling mudah adalah hoby ... sebagai contoh jika hoby anda misalnya berburu bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan buat anda ya jualan senapan nya. Kenapa ? yang pertama bahwa anda memang hoby menembak maka jelas lah biasanya anda memahami berbagai macam hal terkait berburu, baik dari jenis senapan, kualitas senapan artinya anda mempunyai nilai lebih disini ( memahami ilmu nya ) dan nilai plus lagi karena anda pastilah punya komunitas ( bisa dijadikan link bisnis anda ) sehingga untuk mendapatkan customer insya Allah tidak terlalu sulit.

Ambil contoh lagi misalnya anda seneng banget kalo abis bantu adik anda ngerjain PR, sampe adik anda bisa, lalu berprestasi di sekolahnya. Perasaan anda saat itu senang, puas karena bisa membantu memberikan ilmu yang anda kuasai, rasanya hati tuh bahagia banget.
nah mungkin disini anda cocok utk memulai usaha bimbel / kursusan, ya untuk awalnya jgn terlalu terobsesi dengan langsung mendirikan lembaga kursus. hehehe nanti belum apa - apa dah ribet sendiri.
 Untuk awal bisa saja anda meminta adik anda, bilangin kalo misalnya ada temennya yang mau belajar matematika dsb, ajak aja ke rumah. Ya mungkin awalnya rupiah yang anda terima hanya sekedarnya, tapi gak masalah untuk awal, yang jelas jika anak-anak yang anda bimbing itu disekolahnya makin pintar, nanti pasti orang tuanya dengan sendirinya akan menginformasikan ke teman - temannya. nah disinilah yang namanya marketing gratis, hehehe Setelah itu anda bisa mengkonsep sendiri, dan coba memberanikan diri untuk menetapkan biaya bimbelnya.  Plus klo dah lumayan besar tinggal sewa tempat deh, gabung dengan teman-teman anda untuk mendirikan lembaga bimbingan belajar.

Nah sekarang sahabat sudah punya sedikit gambaran kan kira-kira usaha apa yang cocok buat anda ?

Untuk Jenis - jenis usaha yang ada, insya Allah lain waktu saya tuliskan buat anda.

Semoga Bermanfaat - mencaripeluangusaha.blogspot.com -




Senin, 25 Juni 2012

MEMILIH SRATEGI YANG TEPAT

Selamat Pagi Sahabat - mencaripeluangusaha - gimana kabar usaha anda hari ini ? Mudah - mudahan semakin baik dan berkembang ya.. amin.

     kita usaha pasti harapannya untuk terus berkembang dan maju namun adakalanya suatu usaha bisa saja surut, karena pasang - surut dalam dunia usaha itu hal biasa dan lumrah.
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi suatu usaha itu surut, gak bisa kita ambil kesimpulan dari satu faktor saja. Faktor - faktor tsb misalnya kurangnya inovatif, jadi si empunya produk tidak mau meng upgrade pengetahuannya, ia hanya mempraktekan ilmu yang sudah dia tau dari dulu sampe sekarang, jadi ya itu itu aja hasil produknya, bahasa kasarnya tidak mau atau tidak mampu mengikuti perkembangan trend atau pasar sekarang. Selain itu kurang bisa bersaing dipasaran, bisa jadi karena munculnya pesaing baru yang lebih mampu mengimbangi permintaan pasar, bahkan ia mampu memberikan harga dibawah pasar karena skala besar. Dalam Hal ini jika kita masih dalam skala kecil, maka jangan coba coba untuk melawan nya dengan srategi perang harga, yaitu kita turunkan lagi harga kita. Kenapa ? karena dijamin dgn srategi seperti itu bukan kita yang menang , melainkan kita " KEOK ". Ya karena pesaing kita skala besar tentu modalnya pun besar sehingga lebih memungkinkan lagi dia terus mempermainkan harga pasar.
maka strategi yang tepat yaitu dengam memperbaiki kualitas atau mutu produk, meningkatkan pelayanan atau dengan coba menerapkan stategi yang agak sedikit berani dibandingkan usaha lain yang sejenis.

      Ambil Contoh misalnya Toko ABC bergerak di usaha grosir busana muslim, dia termasuk dalam usaha yang skalanya cukup besar & sudah mempunyai pelanggan yang luar biasa banyaknya, Outlet nya pun tersebar dimana - mana. Misalnya utk Produk A di toko ABC dijual grosir dengan sistem :
Beli 200  buah mendapatkan harga 10 rb per buah.
beli minimal 20 mendapatkan harga 11rb per buah.
Namun karena Toko ABC sudah banyak pelanggan dan besar sekaligus dia produksi sendiri merk tsb maka sangat wajar jika ia menerapkan sistem grosir / kulakan tanpa bisa return kecuali jika produk tsb rusak / cacat produksi..

Nah disini jika kita jeli melihat, sebenarnya ada peluang usaha bagus didalam nya ? Masa sih cuma selisih 1rb rupiah dibilang peluang bagus ?
lah iya, paling tidak itu dimata saya, heheheh
PENASARAN ? .....
oKE, Ditunggu ya di edisi artikel berikutnya. hehhee

          Tenang Kita coba membahasnya special untuk anda.
Oke Jika kita membeli produk tsb dari Toko B dengan min 500 pcs, kita mendapatkan harga 10 pcs per buah.
1. Nah jika kita jual kembali dengan harga 15 rb perbuah dengan minimal pembelian 20 pcs, gmn peluangnya ?
Gak bagus prospeknya , kenapa ? ya orang pastinya lebih memilih membeli langsung di Toko ABC karena jumlah minimalnya sama 20 buah, ditambah harganya lebih mahal. Tapi tetap aja bisa mendapatkan konsumen, yaitu orang yang mungkin gak tau ada toko ABC. hehehe

2. Jika kita jual kembali dengan harga 11rb dengan minimal 20 buah gimana peluang nya ?
   Ehm...... silakan saja anda coba, tentunya anda harus memperhitungkan biaya operasional, apakah bisa dapat keuntungan bagus atau tidak ? kalopun  oke bisa mendapatkan laba lumayan ... tapi perlu di ingat bahwa jika orang mengetahui ada toko kita dan toko ABC, menjual produk sama dengan harga sama, maka tentu orang tsb lebih akan memilih membeli di toko ABC. Kenapa ? Ya jelas di Toko ABC lebih banyak stok dan lebih banyak pilihan : )

3.  Jika kita menjual kembali dengan harga sama dengan PT ABC yaitu 11rb namun minimalnya pembelian kita turunkan jadi 10 buah saja ? Wuaaaaaaaaah Peluang besar nih...pasti semua pembeli PT ABC pun akan beralih ke Toko kita, iya gak ? Gak masalah untung 1rb x 10 kan lumayan 10rb, apalagi sehari pembeli 100 orang, udah 1 jt. Iya Toh ?
Saya jawab : " iya " tapiiiiiiiiiiiiiiii...............Kira - kira kalo Toko ABC mengetahui bahwa penyebab banyak pelanggannya hilang berpindah ke toko kita, Lantas menstop Suplay ke toko kita gmn ?
ya jawaban nya singkat : TOKO KITA MATI !   : (
Maka cara nomer tiga ini bisa jadi Ilegal / dilarang oleh suplier kita, maka sebaiknya hindari cara seperti ini.

4. Jika Kita menjual kembali dengan harga 13rb dengan minimal pembelian kita turunkan jadi 10 buah saja ?
    Sepertinya Lumayan ada peluang, kenapa karena mungkin orang yang baru mau memulai mungkin akan lebih memilih membeli dari toko kita walaupun beda 2rb per buah, karena ia modalnya masih kecil.
Namun Bagi yang punya modal agak lebih maka ia tentu akan lebih memilih membeli 20 pcs dari PT ABC, karena hemat 20rb (2rbx10 buah). Namun Prospek dari srategi ini luamayan jalan namun ya gak berharap lebih agar toko kita cepat besar.

5. Jika Kita menjual Kembali dengan harga 13rb dengan minimal pembelian misalnya 5 - 10 buah, namun kita menerapkan konsep bebas return / tukar dengan batas waktu 1 bln, sebanyak 20% dari setiap total produk yang dibeli ?
Saya Jawab : insya Allah prospek bagus ! Orang - orang insya Allah akan beralih ke toko kita, kenapa karena minimal pembelian pun bs 5 buah, ya beda 2rb dianggap kecil, plus bisa return lagi, walaupun cuma 20% selama 1 bln.

            Nah Sekarang jika kita lebih berani menerapkan Bebas Return, terserah mau return kapan saja, gak dibatasi waktunya, bahkan jumlah yang di return pun tidak kita batasi. Kira - kira gimana ?

Buseeeeeeeet Dah ... PROSPEK NYA RUAAAAAR BIASA ! 
: ) Kenapa :
1. pedagang kecil akan lebih senang memilih membeli di toko kita karena pembelian minimal hanya 5 buah saja.
2. walaupun ada selisih 2 rb rupiah lebih tinggi tapi masih wajar karena pembelian pun cukup 5 buah saja.
3. ditambah nilai plus bebas Return, ya tentu ini nilai plus kita , konsumen tidak takut rugi kenapa karena barang dengan model tertentu yang kurang peminatnya bisa ditukar dengan barang baru yang lebih fresh sampai semua laku terjual.
4. hubungan dengan suplier kita pun insya Allah baik - baik saja, hehehe bahkan harmonis, kenapa ? jika makin hari belanja toko kita semakin meningkat bahkan paling besar jika dibanding agen dia yang lainnya, maka tentu dia akan senang dan bisa jadi kita akan diajak utk kerjasama secara khusus dan lebih mendalam lagi. Gayane nih. hehe Ya paling tidak jika ada tawaran / promo - promo maka bisa jadi kita lah yang lebih dahulu di beri tahu oleh suplier tsb. Mantaf Bukan?

 Note : Jika Srategi ini tidak 100% sepenuhnya terbukti maka penulis tidak bisa disalahkan pula sepenuhnya. .hehehe ( lah iya udah capek - capek nulis, ngasih info, eh di salahin pulak ! ) heheh
Banyak Hal yang bisa mempengaruhi suatu strategi itu berjalan atau tidak nya ? baik dari segi keseriusan kita menjalankannya, usaha maupun doa atau faktor lainnya.

Terimakasih .. Semoga Bermanfaat


Selasa, 01 Mei 2012

Toko Online Vs Toko Offline ( Lanjutan ... )

Toko Online Vs Toko Offline

Artikel sebelumnya kita telah banyak membahas kelebihan dari toko online dibandingkan toko offline, mungkin masih banyak lagi kelebihan-kelebihan toko online yang belum saya sebutkan.
Kali ini kita coba melihat sisi Lain keunggulan Toko Offline.

Toko Offline sifatnya menetap artinya memudahkan pengunjung untuk datang ke toko kita selanjutnya. Sedangkan toko online bisa jadi orang akan kesulitan untuk menemukan kembali toko kita, kecuali kalo memang nama domainnya sangat mudah di ingat ( misalnya www.bisnisbergaransi.com ).
Selain itu untuk mendapatkan pembeli pertama sangatlah mudah, kenapa ? karena orang pasti gak akan berfikir rumit utk membeli produk dari sebuah toko real, beda sekali untuk toko online yang memerlukan banyak hal agar pembeli percaya dan mau membeli produk dari toko online kita, ditambah lagi banyak penipuan -  penipuan dari toko online fiktif. Jadi orang gak gampang percaya saja dengan toko online, perlu usaha extra agar membuat orang percaya bahwa toko online kita bukan fiktif.

Selanjjutnya dengan toko offline, pengunjung bisa langsung tau kualitas dari produk tersebut sehingga ketika si pembeli datang ke toko lalu melihat kualitasnya oke, pembeli akan membeli dengan rasa puas. sebaliknya beda dengan toko online, bisa jadi si pembeli setelah melihat kualitasnya berbeda dengan harapannya, maka ia akan kecewa dan tidak akan mau berbelanja lagi di toko online kita.

Begitu juga mengingat bahwa gak semua orang mengenal dunia maya ( internet ), pangsa pasar ini tidaklah mungkin bisa di raup oleh bisnis toko online.
Selanjutnya ketika listrik mati maka jelas pengunjung tidak akan bisa berbelanja dengan toko online, beda dengan toko offline walaupun sedang mati lampu selama toko kita buka di siang hari, maka tetap bisa mendapatkan pengunjung.

Begitu juga dengan paradigma sebagian orang bahwa toko online itu seperti main- main, karena bisa jadi barang yang dijual belikan tsb sebenernya tidak dia stok namun mengambil dari toko online lain. Sedangkan toko offline dipandang lebih mapan dan profesional.

Nah Setelah melihat pemaparan nya tentang kelebihan masing masing, lantas kesimpulannya apa ?
Apakah toko online lebih baik dari offline ataukah sebaliknya?

Yang hendak saya sampaikan bahwa kita tidak perlu melihat bagus mana apakah toko online atau kah toko offline ... tapi kita melihat masing masing ternyata punya kelebihan masing-masing, sehingga alangkah sempurnanya jika menggabungkan kedua jenis toko online dan toko offline. Jadi gmn? ya dalam artian jika kita telah mempunyai toko offline, sebaiknya segeralah buka toko online nya. Toh biaya utk membuat toko online gak seberapa dibandingkan dengan biaya toko offline.
Namun tdk dengan sebaliknya, bagi yang baru punya toko online, tetap bersyukurlah, terus berjuang sehingga suatu saat nanti anda bisa membuat toko offline nya.

Salam Sukses

Kamis, 22 Maret 2012

Toko Online Vs Toko Offline

Mungkin sobat pernah denger ada temen atau orang yang dengan mulut berbusa-busa ( saking semangatna, hehe ) menjelaskan tentang kelebihan-kelebihan toko online. Misalnya Jualan tuh enaknya pake toko online coba bayangkan, kita gak perlu capek-capek menjajakan barang dagangan kita, dan gak pake teriak-teriak pula untuk menawarkan barang dagangan, gak perlu panas-panasan ( imajinasi seperti pedagang obat kali ya. hehehe) bla...bla..bla...
Lantas dilain pihak ada juga yang berbusa-busa menjelaskan enaknya punya toko offline, dibilang kalo toko online susaaaaaaaaaaaaaaaaaaah dapet pelanggan ( sakit pengen ngasih penekanan susah dapet pelanggan sampe huruf 'a' nya puaaaaaangjang banget,  hehehe). coba fikir deh masa sih orang segitu mudahnya mentransfer uangnya terlebih dahulu, kemudian barangnya baru dikirim, mana si pembeli belum tentu kenal dengan penjualnya. Kan itu namanya butuh kepercayaan extra, untuk membuat orang percaya dengan toko online kita. ya kan ? ( menjelaskan sambil dahi berkerut-kerut, xixixi)
Udah gitu, berseliweran lah korban-korban ulah penipuan toko online, alias toko online fiktif. Coba bayangkan kalo kita mengalami itu, ih ngeriiiiiiiii. Enakan toko offline, orang bisa datang setiap saat ke toko kita, melihat barangnya langsung, dan tentunya tanpa ragu pembeli akan mudah utk membayarnya.
 
      Wah kalo diterukan sepertinya masing-masing akan berusaha mempertahankan pendapatnya, bisa-bisa nanti saling gontok-gontokan kan berabe tuh. hehhehe
Jadi yang bener tuh gimana, bagusan online atau offline nih ? afdolan mana gtu...xixiix
Mungkin anda berfikir bahwa saya pasti ujung-ujungnya pro ke penjualan secara online, ya kan sampean punya toko online! Ehm... Dugaan anda kali ini kurang tepat! Kenapa?
Karena Saya orangnya NETRAL, saya gak boleh jadi simpatisan aktif atau pun pasif. Loh Loh Loh Kok arahnya sepertinya ke pemilu .wekekekekk Just kidding kawanz...
Begini menurut saya yang awam ini, dari keduanya semua ada kelebihannya masing-masing baik itu online ataupun offline.

     Untuk penjualan secara online diantara kelebihannya yaitu minim biaya bahkan 0. Kok bisa? iya lah pake aja toko online nye lewat blog gratisan seperti wordpress, blogspot atau multiply dst. Semua itu free selamanya. (contoh www.rumahgamis.wordpress.com) dan kalaupun memakai domain dan hosting yang bayar pun masih termasuk relatif murah 130rb/thn ( contoh www.bisnisbergaransi.com ). coba bayangkan kalo kita sewa toko setahun mungkin 10-20jt bahkan lebih.
Kelebihan Lainnya masalah waktu yaitu toko online tanpa ada batas waktu, setiap saat pengunjung dapat belanja, extrimnya jam 24.00 pun tak ada masalah. beda dengan toko online yang umumnya buka hanya di siang hari saja. Selain itu Toko Offline jika Hujan besar dipastikan akan sepi pengunjung, hal itu tidak berlaku pada toko online.
Selain itu terkait masalah jangkauan pembeli, untuk toko offline pengunjung yang datang biasanya dari daerah sekitar gak terlalu jauh, misalnya Toko Offline di Cikarang kemungkinan pengunjung yang datang ya dari wilayah cikarang dan sekitarnya, mungkin paling jauh ya bekasi, karawang atau mungkin paling jauhnya jakarta. Nah tidak demikian dengan toko online karena toko online jangkauan nya tak terbatas dalam artian pengunjung bisa sampai ke ujung dunia sekalipun. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan jauh lebih banyak dari pada toko offline.
   
     

Kamis, 08 Maret 2012

JURUS BERIKUTNYA ADALAH PANTANG MENYERAH

Hai Sobat...Tahukah Anda siapa Thomas Alva Edison ?....
Ya, Anda Benar ! Dia adalah penemu lampu Pijar pertama.
Dan Tahukah Anda, butuh berapa kali percobaan yang dia lakukan sampai benar benar sukses menciptakan lampu pijar tersebut ? satu kali kah ? dua kali kah ? atau sepuluh kali kah ?...
Tidak Sobat, Dia melakukan percobaan sebanyak 9.998 kali, dan sebanyak itulah semua percobaan nya gagal!
Baru pada percobaan ke 9.999 dia sukses menciptakan lampu pijar yang benar benar terang.

Kenapa Kali ini Saya membahas tentang Lampu Pijarnya Thomas Alva Edison, ya tentu bukan untuk mencoba memaparkan kepada anda bagaimana cara membuat lampu tsb! Gubraaaaaak....emanknya saya ngerti...hehe paling bisa juga pecahin lampu. wekekek
Bagitu juga dengan Kolonel Sanders, penemu Kentucky Fried Chicken (KFC) - ia baru berhasil meraih sukses setelah ditolak menawarkan resep ayam gorengnya sebanyak 1009 kali.
Coba kita tanya pada diri kita sendiri, kira kira kita mampu bertahan berapa kali kah jika usaha yang kita lakukan ternyata gagal ? saya kira mungkin pada ke gagalan ke 3 bahkan kegagalan ke 2 kita sudah menyerah!
Bayangkan jika waktu itu Thomas Alva Edison bermental menyerah seperti kita ini, mungkin sampai sekarang kita hanya menikmati Lilin di tengah gelapnya malam..xixixixi Ya sih kesannya romantis....! Romantis Gundulmu, wekkekeke coba aja tiap malam matiin lampu terus nyalain listrik, baca buku, makan, apalagi ngetik pake lilin? bisa bisa dikira orang gila. hehehe
Coba bayangkan juga jika pada saat itu Kolonel Sanderspun Putus asa, mungkin sekarang kita gak bisa merasakan nikmat nya Ayam Goreng ala Kolonel Sanders . hehehe

Ya Itulah Hal Penting yang harus di miliki oleh calon pebisnis sukses yaitu " PANTANG MENYERAH ".
Coba....Coba... dan Coba lagi...Teruslah mencoba. Giat dan Pantang Menyerah dan ... Kesuksesan itu akan menghampirimu !!

Good Luck